Friday 30 November 2012

Mengenal Tipe Kecantikan Perempuan

Sejarah Indonesia mencatat bahwa definisi cantik juga berubah-ubah dari masa ke masa sepertinya halnya yang dipaparkan Endang Prasanti dalam artikelnya yang berjudul "Wanita-Wanita Koleksi Empu Tantular". Ia menyebutkan terdapat beberapa tiga perempuan yang dianggap mempunyai kharisma dan ciri-ciri khas yang sering dianggap sebagai simbol kecantikan pada abad X hingga XIV Masehi. Dari Museum Mpu Tantular terdapat 4 kekhasan dan daya tarik tersendiri:

  1. Kecantikan yang klasik, anggun, dan intelek. Perempuan tipe ini biasanya mempunyai kecantikan yang tidak terlalu menonjol, tetapi dari pancaran mata serta gerak tubuh yang luwes dan penuh kelembutan akan memberikan ketenangan bagi yang berdekatan dengannya. Ia seolah-olah digambarkan rapuh dan ringkih, padahal sebetulnya sangat kuat.
  2. Kecantikan yang bersifat melindungi, memberikan ketenangan, rasa aman, dan kasih seperti seorang ibu kepada anaknya. Tipe ini digambarkan sebagai seorang perempuan yang lembut keibuan, biasanya tidak cantik sekali namun wajahnya tampak sabar.
  3. Kecantikan yang asertif (dalam pengertian positif) digambarkan seperti sikap remaja saat ini yang tidak hanya mau menerima tetapi kritis dan mampu mengambil sikap serta tindakan yang tegas.
  4. Kecantikan yang serba kaku, angkuh, dan keras kepala yang menunjukkan ke-aku-an yang menonjol, bahkan dalam gerakannya terlihat keinginan untuk diperhatikan.
Termasuk yang manakah Anda? ;)

0 komentar:

Post a Comment