Tuesday 10 September 2013

Kamus Hijab Masa Kini


Saat ini hijab atau jilbab tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Walaupun banyak pilihan gaya berhijab bagi wanita muslimah, akan tetapi para muslimah juga harus pandai memilih hijab yang trendy tetapi juga syar’i. Salah satu ciri jilbab yang sya’i yakni memakai jilbab hingga menutup dada. Nah, dengan berkembangnya jilbab fashion yang semakin berkembang dan banyak modelnya, tidak ada salahnya jika kita mengetahui kamus hijab masa kini yang mungkin dapat membantu Anda untuk lebih teliti memilih gaya berhijab, Nah, ladies yuk simak kamus hijab di bawah ini:
1.    Pashmina
Pasmina merupakan kerudung panjang yang terbuat dari bahan pashmina, akan tetapi pasmina jaman sekarang sudah terbuat dari aneka jenis kain dan motif. Seperti misalnya dari chiffon, kaos/rayon, rajut dan sebagainya. Pasmina sendiri biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang bervariasi.

2.    Inner Hijab
Inner hijab sendiri disebut juga dalaman jilbab. Inner ini biasanya berupa ciput, inner ninja, maupun bonnet.

3.    Inner Hijab Ciput
Inner hijab ciput sendiri bentuknya seperti topi. Dan terbagi ke dalam dua jenis, ada yang bisa langsung digunakan dan yang harus diikat terlebih dahulu. Dan hingga saat ini bentuk inner ciput sendiri sudah beragam dan bermacam-macam. Seperti ada yang diberi variasi renda, warna, kerut dan lain sebagainya.

4.    Inner Hijab Ninja
Dalaman ninja ini bentuknya seperti kerudung instan, akan tetapi panjangnya hanya di bawah leher. Bentuknya ada yang bagian belakangnya diberi cepol, ada juga yang tidak. Untuk Inner hijab ninja biasanya ada yang menggunakan kancing atau resleting untuk penyambungnya, selain itu ada juga yang menggunakan karet sehingga bisa langsung dipasang.
5.    Manset
Manset merupakan pakaian yang bisa digunakan sebagai dalaman ketika Anda  menggunakan pakaian lengan pendek atau pakaian luar yang agak tembus pandang. Jenis manset sendiri ada dua macam, ada yang menutup separuh badan dan yang menutup seluruh badan dimana bentuknya seperti dress.

6.    Maxi Dress
Maxi dress adalah berupa gaun panjang yang menutup dari pangkal leher hingga mata kaki.

7.    Jilbab Segi Empat
Nah, untuk yang satu ini para hijabers pasti tahu, ya jilbab segi empat merupakan kain berbentuk bujur sangkar dan umumnya terbuat dari bahan katun paris dan chiffon. Cara penggunaan pada umumnya adalah dengan dibentuk segitiga lebih dulu.

8.    Gaya Jilbab Basic / Klasik
Nah untuk gaya jilbab satu ini merupakan gaya hijab yang digunakan sejak dulu dan everlasting. Seperti kita tahu bahwa Gaya jilbab basic/klasik tidak pernah nampak kuno dan masih digemari orang hingga saat ini. Cara penggunaanya biasanya dengan melipat kerudung segi empat menjadi segitiga dan menyematkan kedua sisinya di bawah dagu.

9.    Maxi Skirt
Maxi skirt merupakan istilah untuk menyebut rok panjang dalam dunia fashion. Maxi skirt sendiri dapat menutup tubuh dari mulai pinggang hingga ke mata kaki.

10.    Hijab Gaya Turban
Hijab gaya turban sendiri merupakan gaya model hijab yang menghabiskan sebagian besar kerudung pada bagian kepala dan bagian leher. Selain itu ada juga gaya turban yang instan dan bisa langsung pakai. Akan tetapi gaya ini kurang menutupi dada dan biasanya bisa para muslimah mensiasatinya dengan menggunakan scarf tambahan atau outer. Gaya seperti ini sering digunakan untuk wanita muslimah yang aktif dan dinamis dalam kesehariannya.

11.    Cardigan Hoodie Hijab
Cardigan hoodie hijab sendiri merupakan sebuah kerudung hijab instant yang bisa digunakan sebagai rompi dan memiliki hoodie sebagai kerudungnya. Salah satu keunikannya yakni bisa digunakan sebagai pakaian dan hijab sekaligus.
12.    Cardigan batwing / Cocoon
Cardigan jenis ini merupakan sejenis luaran dari bahan rajut dengan bagian lengan yang melebar seperti sayap kelelawar sehingga akan tampak ketat. Selain bentuk tadi ada juga yang berbentuk seperti cocoon atau kepompong yang bulat memanjang.

13.    Ruffle Crop Top
Ruffle crop top merupakan istilah untuk atasan lengan panjang dengan aksen lipat di bagian depan dan pada bagian belakang lebih panjang.

14.    Penguin Dress
Ini merupakan istilah untuk dress sebetis yang bagian bawahnya berbentuk lingkaran lonjong akan tetapi pendek di bagian depan dan panjang di bagian belakang.

15.    Wave Top
Wave top sendiri merupakan istilah untuk atasan dengan bentuk bawahan yang asimetris dan pinggiran yang bergelombang alias tidak rata.

Nah ladies itulah beberapa kamus hijab masa kini yang penting untuk diketahui oleh para muslimah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya ladies.

Source: Sahabathawa.com

0 komentar:

Post a Comment